5 Cara Memilih Biro Travel Umroh Terbaik

1. Pastikan sudah terdaftar dan Resmi Kementrian Agama

Ini yang nomor satu yang harus dicek saat awal memilih travel umroh. Penyelenggara perjalanan ibadah umroh atau disingkat PPIU harus terdaftar dan mengantongi izin dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Berhati-hatilah bila ternyata biro travel umroh tersebut belum terdaftar di Kementrian Agama RI. Nah, daripada beresiko lebih baik jangan pilih, karena masih banyak travel resmi yang lain.

Lalu bagaimana cara cek resmi atau tidaknya sebuah biro perjalanan travel umroh tersebut?

Ada 2 cara, yang pertama datang langsung ke departemen agama setempat di daerah Anda masing masing, kemudian tanyakan kepada petugas di sana daftar PPIU yang resmi. Cara yang kedua yaitu dengan mengakses melalui internet dan buka website resmi kementrian agama http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu. Setelah muncul tampilan websitenya selanjutnya cari dan cek apakah biro travel umroh yang rencananya akan Anda pilih ada atau tidak dalam daftar ini. Bila tidak ada itu artinya belum terdaftar dan tidak memiliki izin resmi Kemenag.

2. Jadwal Keberangkatan Yang Pasti

Sesungguhnya setiap biro travel umroh telah mendapatkan quota VISA untuk setiap tanggal keberangkatan umroh. Berdasarkan quota visa itulah maka biro travel umroh memberanikan diri untuk membeli / booking seat tiket pesawat PP, detail mulai dari nama maskapai, tanggal dan jam keberangkatan dari bandara asal dan tujuannya.

3. Pastikan Biaya Paket Umroh Rasional

Biaya Umroh yang dikenakan harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan. Pastikan berapa harga paket umrah, dan pastikan apa saja pelayanan yg didapat jamaah dengan biaya umroh tersebut. Hati-hati dengan penawaran biaya paket umroh yang terlampau ekstrim murahnya. Karena variable cost paket umroh sebenarnya sudah jelas, yaitu meliputi biaya tiket pesawat, biaya hotel dan keperluan akomodasi selama berada di Tanah Suci, dan biaya pengurusan visa. Sehingga bila Anda menemukan penawaran paket umroh dengan biaya yang sangat murah,bisa dihitung secara logika bisa menutup seluruh variable cost tersebut atau tidak.

 

cara-memilih-biro-travel-tour-umroh-haji-khusus-terbaik-benar-kemenag-resmi

Ingat harga umroh adalah bukan segalanya. Yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan perjalanan ibadah umrohnya. Jangan sampai biaya umroh yang terlampau murah justru berakibat ibadah Anda menjadi tidak nyaman dan tidak aman.

4. Nama Hotel dan Lokasi

Cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke masjid (Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi).

5. Visa

Pastikan kembali visa umrohnya. Konfirmasi ke PPIU perihal status VISA yang akan didapat dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Cermat dan bijak dalam hal cara memilih biro travel umroh merupakan kunci suksesnya keberangkatan dan kepulangan umroh para jamaah. Pilihlah travel umroh resmi dan memiliki izin dari pemerintah (Departemen Agama). Dan jangan mudah tergiur dengan beragam tawaran paket umroh dengan biaya yang sangat murah.

Selanjutnya, niatkan bahwa perjalanan umroh yang akan dilakukan sejatinya adalah karena benar-benar niat untuk ibadah kepada Allah SWT. Perbanyak doa kepada Allah agar seluruh rangkaian perjalanan umroh, mulai dari proses pendaftaran, pemberkasan dokumen perjalanan hingga pemberangkatan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

InsyaAllah, Amanah Mulia akan berusaha membantu Anda dalam perjalanan umroh yang  Nyaman, Khusyu, Tenang dan biaya yang sangat terjangkau.

Komentar

Tulis Komentar..

Kategori Berita

Patner Kami