Unik! Ada Masjid Berbentuk Kabah di Subang


07 September, 2016 at 10:12

Kabah di Makkah memang selalu membuat rindu traveler muslim. Namun jika liburan ke Subang, traveler bisa mampir ke masjid yang berbentuk seperti Kabah.

Hari itu saya melakukan perjalanan menuju Jakarta melalui Jalan Raya Kalijati, Kabupaten Subang. Tidak sengaja mata tertuju pada bangunan unik berbentuk Ka'bah.

Penasaran, saya hentikan kendaraan dan menyambanginya. Bangunan itu ternyata sebuah masjid. Bentuknya hampir sama persis dengan Ka'bah asli, di mana satu bagian sudutnya tersemat replika Hajar Aswad.

Di bagian lain berdiri kokoh replika makam Nabi Ibrahim. Beberapa pohon palem ditanam rapi, menambah pekat aroma padang pasir di kawasan perbukitan ini. Darah saya seketika berdesir, merasakan rindu menyambangi lokasi asli di Makkah sana.

Urip Nurdin, salah satu imam masjid yang saya jumpai, mengatakan kalau masjid ini berdiri di atas tanah desa. Bangunan di atasnya wakaf dari berbagai pihak. Sejauh ini baru Ka'bah, Makam Ibrahim, dan bukit Safa-Marwah yang berhasil dibuatkan miniatur atau replika-nya.

Ke depan akan dibangun Hijir Ismail, tempat tawaf, dan tempat sa'i, serta madrasah. Namun pembangunan tertunda lantaran ketiadaan dana. Apabila semua situs yang direncanakan telah dibangun, umat Islam di Kalijati dan sekitarnya dapat memanfaatkannya sebagai pusat kegiatan keagamaan, termasuk bimbingan manasik haji.

Saya tergoda merasakan suasana di bagian dalam masjid yang menjadi bagian utama kegiatan ibadah shalat. Dinding keramik dan lantai granit membuat hawa terasa sejuk. Ditambah dingin dari air conditioner.

Kaligrafi di bagian dalam turut memperindah pemandangan. Tidak kalah indah dengan kaligrafi di bagian luar bangunan. Saya jadi semakin yakin, kalau saya benar-benar rindu pada rumah Allah di Makkah sana.

Beginilah Penampakan Masjid Tersebut :

Sumber : news.detik.com


Komentar

Tulis Komentar..