Gerbang Makkah, Bentengi Jeddah dari Serangan Musuh


03 July, 2017 at 10:20

Anda pernah mengunjungi Kota Jeddah? Jangan lewatkan untuk menengok salah satu gerbang terkenal di salah sudut kota tersebut, yaitu gerbang yang dikenal dengan sebutan Bab Makkah (Gerbang Makkah). 

Gerbang yang dibangun oleh Husain al-Kurdi, gubernur Jeddah dari Dinasti Mamluk, pada 1509 M itu  sebagai bagian dari benteng membendung serangan musuh Portugis, pada masa itu. 

Gerbang ini adalah pintu yang kerap pula digunakan para saudagar, dan jamaah haji dari negara-negara sekitar, pada masa itu, guna menunaikan ibadah haji.  

Konon secara rutin gerbang ini ditutup menjelang waktu isya’ dan kembali dibuka jelang fajar. 

 

Di antara empat gerbang lain yang dibangun di Benteng Jeddah pada tahun-tahun berikutnya, Gerbang Makkah adalah pintu yang paling populer. 

Ini karena menjadi jalur favorit para jamaah haji dan umrah. Di samping pula, gerbang tersebut mempunyai daya tarik ornamen dan seni yang unik dan menarik. Berbeda dengan gerbang-gerbang lainnya. 

Sampai sekarang gerbang ini masih dipertahankan tidak hanya sebagai bukti sejarah, tetapi juga obyek wisata di tengah-tengah kawasan padat penduduk di Jeddah.  


Komentar

Tulis Komentar..