Cerita Jemaah Usai Naik Bus Upgrade dari Jeddah ke Makkah


31 August, 2016 at 14:16

Mulai Selasa (30/8) tak ada lagi bus reyot antarkota perhajian yang melayani jemaah haji Indonesia. Bus reyot yang sempat digunakan dari Jeddah-Makkah beberapa hari lalu kini sudah mulai terganti. Apa respons para jemaah?

Para jemaah kloter 51 dari embarkasi Surabaya yang menggunakan bus upgrade tersebut disambut langsung oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil. Mereka sempat mendengar langsung dari Abdul Djamil terkait perubahan bus.

"Bus ini dilengkapi dengan AC yang dingin dan tempat bagasi yang lebih luas dibanding bus-bus yang tidak diupgrade. Harapan kami tentu ini supaya dapat menjadikan jemaah lebih nyaman dalam menunaikan ibadah haji, sampai Makkah dengan selamat dan lancar dalam menjalankan ibadah selanjutnya, khususnya nanti ketika wukuf di padang Arafah," kata Djamil.

"Biasanya dari Jeddah ke Makkah bus nya tidak seperti ini. Busnya lebih kecil dengan tahun lebih agak tua. Mulai jam 3 tadi kita sudah menggunakan bus yang relatif lebih baru dan fasilitasnya lebih lengkap dibanding sebelumnya," sambungnya.

Abdul Djamil kemudian sempat mengobrol dengan beberapa jemaah terkait bus tersebut. Semua kompak mengatakan bahwa bus dari Jeddah-Makkah yang sudah diupgrade memang nyaman.

"Alhamduillah fasilitasnya bagus. Sopirnya bagus. Tapi tidak sempat tidur, saya melihat-lihat bangunan," kata seorang jemaah wanita tentang bus tersebut.

Mustofa, salah seorang anggota tim pembimbing ibadah kloter menambahkan, bus tersebut nyaman dan sopirnya pun tidak ugal-ugalan. Walau ada yang sempat mabuk perjalanan, namun bisa diatasi.

"Busnya baik. AC nya juga jalan, jadi adem," katanya.

Siska, salah seorang jemaah lainnya menambahkan, perjalanan kali ini cukup berkesan karena bus yang digunakan nyaman. Sopirnya pun tak seperti yang dia bayangkan sebelumnya.

"Yang pernah kita dengar supir agak ugal-ugalan, tapi yang tadi bagus," ungkapnya.

Sebelumnya, bus Jeddah-Makkah adalah bus-bus berumur tua dari perusahaan Abu Sarhad. Tahun lalu, bus itu sempat dilaporkan mogok di perjalanan Madinah-Makkah dan AC-nya tidak menyala serta tak terasa dingin. Namun tahun ini, berkat lobi intensif panitia, bus upgrade bisa dinikmati jemaah.

Sumber : news.detik.com


Komentar

Tulis Komentar..