177 WNI yang Berhaji dengan Paspor Filipina Akan Dipulangkan dengan SPLP


30 August, 2016 at 23:43

177 WNI yang ketahuan berhaji dengan paspor Filipina masih berada di Manila. Mereka sudah tidak ditahan, tetapi berada di KBRI Manila. 177 WNI itu akan segera kembali ke Indonesia dengan diberikan surat perjalanan laksana paspor (SPLP).

Menurut Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie, Senin (29/8/2016), WNI ini masih akan di Filipina karena ada penyidikan yang dilakukan di sana.

"Di antara 177 siapa yang bisa mnjadi saksi terhadap tersangka orang Filipina yang diperiksa dan diproses dalam sebuh penyidikan untuk kepentingan penegakan hukum di Filipina," jelas Ronny di Jakarta.

"Kami mmbantu, setelah itu kita akan mmeproses pengembalian para jamaah haji WNI dengan mmberikan surat laksana paspor agar mereka bisa kembali ke Indonesia," tambahnya.

Ronny juga menyampaikan terkait 177 WNI yang sudah berpaspor Filipina itu saat ini masih dikaji soal administrasi dan status kewarganegaraan. Tapi menurutnya para WNI ini memiliki paspor Filipina sekedar mendapatkan visa untuk berhaji.

"Sebagai dasar untuk bisa berangkat haji mendapatkan visa dari Arab saudi, jadi beda. Tapi hal itu masih dalam pengkajian," sambung dia.


Komentar

Tulis Komentar..